Saturday, January 8, 2011

Install Nubuntu


nUbuntu (nework Ubuntu) adalah sebuah distro kecil turunan dari Ubuntu. Distro ini dibuat khusus untuk mengetes keamanan jaringan, maka dari itu distro ini dilengkapi dengan berbagai macam tools untuk jaringan. Tapi bagi anda yang pengen mengisntall distro ini ke hardisk harus sedikit ruwet dulu coz ubiquity / tools untuk instalasi yang biasa digunakan distro ubuntu untuk menginstall dirinya ke hardisk tidak diikutkan dalam distro ini.
Jadi yang ingin mencoba instalasi distro ini koneksikan dulu kompie anda ke internet untuk mendownload paket ubiquity. Pastikan memori anda tidak kurang dari 256 MB coz kemaren aq pake memori 128 MB ga cukup untuk menyimpan paket yang di download. Setelah itu boot nUbuntu tanpa merubah boot option, setelah masuk setting jaringannya sampe konek ke internet.
  1. Execute sudo apt-get install ubiquity. biarkan semua paket yang dibutuhkan terinstall.
  2. Execute setupcon. Perintah ini akan merubah font dan resolusi konsole.
  3. Execute startx. Ini akan menjalankan X Server dan Fluxbox.
  4. Buka terminal dari menu Fluxbox.
  5. Execute sudo ubiquity. Perintah ini akan menjalankan tools Ubiquity untuk menginstall nUbuntu ke hardisk.
  6. Ikuti Petunjuk Ubiquity seperti mengistall distro ubuntu yang laen.
  7. Jika istalasi berhasil maka sistem akan minta merestart komputer.
  8. Setelah komputer restart maka anda akan dihadapkan pada pada login prompt. Loginlah dengan user anda dan jalankan startx.
  9. Tampilan Fluxbox masih default. Anda bisa memilih theme bean dari menu style fluxbox.
nUbuntu sekarang udah terinstall di hardisk anda, tapi klo anda ingin menggunakan linux untuk tujuan desktop user sebaiknya anda mengistall distro Ubuntu atau KUbuntu atau Edubuntu daripada nUbuntu coz distro ini memang diciptakan untuk keperluan networking. Jadi Software yang terinstall ya cuma untuk keperluan networking.
Referensi :
nUbuntu.org

0 comments:

Post a Comment

 
Template design by zulfick
-----------------------------------------