Saturday, January 8, 2011

Mengaktifkan Compiz Fusion di Ubuntu 10.04


Secara default untuk mengaktifkan Compiz Fusion pada ubuntu bisa melaui Appearance di Tab Visual Effects, kemudian pilih Normal dan Extra, atau bisa juga dengan menginstall ccsm (compiz config setting manager) untuk mendapatkan setting Custom.
Tapi pada Komputer dengan VGA Intel dengan Seri 82945G (yang saya miliki) saya mengalami sedikit gangguan, yaitu komputer tiba-tiba ngeFreeze (Hang) begitu saya mengaktifkan compiz, padahal untuk versi sebelumya saya tidak mengalami hal tersebut. Setelah browsing ada yang menyarankan untuk Downgrade Driver Intel ke versi 2.4. Belum sempet saya coba ternyata ada solusi yang cukup mudah tanpa Downgrade drivernya.
Cukup jalankan perintah:

compiz --replace --indirect-rendering

Agar perintah tersebut otomatis dijalankan pada saat login :
  • Masuk menu System > Preferences > Startup Application
  • Tambahkan Startup Program Baru dengan Name Run Compiz, dan Command isi dengan compiz –replace –indirect-rendering
  • Ok, kemudian restart komputernya.
Semoga berhasil..

0 comments:

Post a Comment

 
Template design by zulfick
-----------------------------------------